Dangko Indahkan Ramadhan ( DINAR) 2018

Dangko Indahkan Ramdhan (DINAR)
2018


Beberapa minggu yang lalu
Tulisan yang sempat tertunda

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi seluruh kamu muslim tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh penjuru dunia. Di bulan ini kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk beribadah dengan janji pahala yang dilipat gandakan. Hingga diakhir bulan, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT apabila Ia menghendaki.

Ramadhan kali ini  memberikan sesuatu yang berbeda bagi diri saya, saya rasa juga seluruh teman-teman Aksi Indonesia Muda. Orang-rang hebat yang senantiasa ingin menebar manfaat untuk masyarakat.

Dangko Indahkan Ramadhan (DINAR) 2018 merupakan kegiatan yang akan kita laksanakan di minggu pertama dan kedua selama bulan ramadhan. Sebenarnya nama kegiatan ini di adopsi dari periode sebelumnya tetapi untuk item kegiatan kami membuatnya agak sedikit berbeda dari sebelumnya.  

Berdasarkan kesepakatan bersama kami menunjuk seorang wanita hebat dan pembelajar untuk menjadi ketua panitia dalam kegaitan ini. Singkat saja namanya Hikmah. Item kegiatan ini meliputi lomba azan, hafalan surat pendek, tartil, dan ditutup buka puasa bersama. Di minggu pertama kami mengadakan perlombaan sedangkan di minggu kedua kami mengadakan buka puasa bersama sekaligus dengan pengumuman pemenang lomba.

Ada sedikit kisah menarik dari kegiatan kami

Jelang tiga minggu sebelum kegiatan, kami telah mengatur rencana pencarian dana. Kami akan membawa propsal ke rumah makan dan ke orang-orang dermawan. Selang satu minggu sebelum pelaksanaan buka puasa bersama dan pemeberian hadiah pemenang lomba dana kami belum mencukupi. Proposal kami banyak di tolak kesana kemari. Hingga pada saat itu saya masih begitu ingat dana yang terkumpul hanya 300 rb saja.

Ada rasa pesimistis yang hinggap dalam diri, mungkikah kita mendapatkan target dana sebesar 2 jt rupiah dalam seminggu ini. Tapi kami pantang menyerah info sudah menyebar luas ke warga bahwa kami akan mengadakan buka puasa bersama. Kami tidak boleh mengecewakan mereka.

Kami berupaya terus menghubungi beberapa orang-orang dermawan dan terus-terus menginformasikan open donasi di berbagai media sosial. Tapi hasilnya saat itu tetap saja nihil selang 3 hari kegiatan buka puasa bersama dana masih stagnan 300 rb. Walaupun ada beberapa orang yang kami hubungi akan segera mentransfer.

Melihat waktu sisa sedikit dan pemesanan makanan harus dilakukan sesegera mungkin. Akhirnya kami memutuskan untuk memesan makanan dengan menggunakan uang pinjaman yang kebetulan ada. Keputusan ini kami ambil berdasarkan berbagai pertimbangan bahwa ada beberapa orang yang akan menyumbang setelah kegiatan. Hanya saja nominal yang ingin disumbangkan masih belum diketahui.

Kebulatan tekad kami untuk mengambil keputusan dengan keyakina semua akan baik-baik saja dengan tetap memakai pinjaman uang terlebih dahulu

Hingga selesai kegiatan pengumuman pemenang lomba dan buka puasa bersama berualah beberapa orang menyumbang ke kami. Walaupun terlambat tetapi semua dapat tergantikan. Hal ini karena upaya teman-teman AIM yang selelu berdoa dan bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan DINAR. 

Dari sini saya belajar tentang sesuatu hal bahwa sebagai manusia seharusnya kita senantiasa melakukan segala usaha yang terbaik dan sisanya kita serahkan pada Allah yang menentukan. Karena kadang Allah ingin menguji kita ‘hambanya’ agar semakin taat kepadanya

Saya sangat berterima kasih kepada siapaun yang telah berkontribusi untuk kegiatan kami, para relawan yang menghabiskan waktu, uang dan tenaganya untuk kegiatan kami. Terima kasih juga untuk para donatur yang menyumbankan sedikit hartanya untuk orang lain.

Tertanda,
Presiden Aksi Indonesia Muda
Periode 2017/2018



(Suasana saat lomba)



Pembagian Makanan


Peserta Lomba Azan


 Penyerahan hadiah oleh saya


Penyerahan hadiah oleh Pak Rahimi


Penyerahan hadiah oleh ketuapat andalang


Penyerahan hadiah oleh President AIM 2 Periode : )


Comments

Popular posts from this blog

Women Empowerment Project

Salah Kaprah